Kamis, 27 Oktober 2011

KomodoKomodoKomodo!!!

Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang memiliki habitat hidup alami di pulau Komodo, Flores, Rinca, Gili Motang, Gili Dasami di Nusa Tenggara, Indonesia. Komodo memiliki panjang tubuh 2-3 meter dengan berat biasanya mencapai 70 kg. Panjang ekornya sama dengan panjang tubuhnya, memiliki 60 buah gigi tajam dengan panjang gigi masing masing sekitar 2,5 cm.
Tubuh komodo ditutupi oleh sisik sisik keras berwarna abu abu gelap sampai merah bata pada jantan dan berwarna kehijauan pada yang betina. Komodo jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan komodo betina. Komodo memiliki lidah panjang yang dapat dijulurkan dan bercabang berwarna kuning.
Air liur komodo biasanya bercampur dengan darah, hal tersebut karena gigi giginya dilapisi oleh gusi yang ikut tercabik pada waktu makan. Kondisi inilah yang membuat air liur komodo mengandung banyak bakteri yang sangat mematikan. Selain mengandung bakteri ternyata air liur komodo juga mengandung bisa untuk melumpuhkan mangsanya.
Satu hal lagi yang menarik adalah fenomena partenogenesis pada Komodo. Komodo betina dapat bereprodusi tanpa adanya komodo pejantan. Seperti pada film Jurasic Park, dinosaurus diciptakan dengan rekayasa genetika, semua dinosaurus tersebut berjenis kelamin betina semua, tapi ternyata mereka dapat bertelur dan melahirkan bayi dinosaurus.
Reproduksi normal komodo terjadi antara komodo jantan dan komodo betina, pada fase awal perkawinan, komodo betina selalu berontak dengan menggunakan gigi dan cakarnya, wah berarti pemerkosaan nih, he he. Selanjutnya komodo pejantan harus mampu mengendalikan betina pada saat perkawinan terjadi agar pejantan tidak terluka. Komodo betina dapat bertelur sekitar 20 butir telur, yang kemudian telur tersebut disimpan di dalam lubang tanah untuk dierami.
Walaupun komodo memiliki tubuh yang besar dibandingkan dengan kakinya, komodo dapat berlari sampai 20 km/jam untuk mengejar mangsanya, jadi apabila kita berkunjung ke pulau komodo, kita harus berhati hati. Komodo memakan bangkai hewan, maupun hewan hasil buruannya, komodo ternyata dapat mendeteksi bangkai yang jaraknya sampai 9,5 km, wah hebat sekali bukan.
Komodo sebagai satwa langka yang diyakini sebagai dinosaurus terakhir di muka bumi ini ternyata merupakan satwa yang unik dan menarik. Marilah kita dukung Pulau Komodo sebagai salah satu "New Seven Wonders of Nature"!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar